Kamis, 05 Mei 2011

Seks bisa memicu serangan jantung

KOMPAS.com — Olahraga dan aktivitas seksual yang dilakukan secara teratur bisa mencegah Anda terkena serangan jantung, apalagi jika Anda sudah memasuki usia lanjut. Walaupun risikonya tergolong rendah, tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang yang jarang berolahraga bisa terkena serangan jantung pascaberhubungan seksual.
Penelitian itu dilakukan berdasarkan analisis 14 studi yang melibatkan 6.000 pasien. Orang yang menjadi subyek adalah orang yang pernah terkena serangan jantung atau meninggal mendadak akibat gangguan jantung. Studi dilakukan dengan melihat apa yang subyek lakukan satu atau dua jam sebelum timbulnya serangan jantung dan dibandingkan dengan orang yang punya aktivitas serupa tapi tidak bermasalah dengan jantungnya.
"Jika kita mengikuti kesehatan 10.000 orang selama setahun dan mereka semua meningkatkan aktivitas fisiknya setengah jam dalam seminggu, maka kita akan menemukan dua atau tiga orang yang terkena serangan jantung," kata Dr Issa Dahabreh dari Tufts Medical Center.
Kebanyakan orang yang terlibat dalam penelitian ini adalah orang yang berusia 50-60 tahun.
Karena itu, para peneliti menyarankan agar kegiatan olahraga dan seks dilakukan secara teratur. "Makin rutin kita berolahraga, makin rendah risikonya terkena serangan jantung setelah bercinta," kata Dahabreh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar